Pemanfaatan Aplikasi Puzzle Maker Sebagai Media Pembelajaran

Sumber gambar: https://puzzel.org

Oleh: Nur Sjamsuarini Pudji Astutik, S.Ag.

  

Era Digitalisasi mendorong manusia pembelajar semakin mudah dalam berinovasi. Konsep yang dimiliki dapat direalisasikan dalam waktu yang cepat dan sangat efektif. Kemudahan-kemudahan yang diberikan memacu semangat menemukan cara mengembangkan pembelajaran dengan mudah, asyik, dan menyenangkan. Pemanfaatan aplikasi Puzzle Maker merupakan salah satu media yang dipergunakan untuk membantu pemahaman peserta didik

Media Pembelajaran

Menurut Dadan Djuanda (2018), “Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima, agar dapat merangsang pikiran, perasaan, dan perhatian peserta didik.”

Ketika pikiran, perasaan, dan perhatian peserta didik tersebut terangsang, maka proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Berbicara tentang media pembelajaran, Schramm (2020) berpendapat juga bahwa “Media Pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajran.” 

Menyimak sekaligus mencermati beberapa pendapat para ahli terkait media pembelajaran, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sejatinya informasi yang disampaikan guru secara lisan kepada peserta didiknya, maka pesan tersebut hanya akan diterima sebesar 10 persen. Sebaliknya jika guru menyampaikan pesan dengan menggunakan media, maka pesan tersebut dapat diterima oleh peserta didik sebesar 50 persen. Itu artinya guru harus mampu mengenal gaya belajar dan perbedaan individual dari masing-masing peserta didik.

Guru yang hadir ditengah-tengah perkembangan generasi “Z” mau tidak mau dituntut harus mampu melakukan perubahan. Perubahan yang dilakukan dalam upaya untuk mengembangkan pembelajaran inovatif, yakni suatu pembelajaran atau metode pembelajaran yang menggunakan cara-cara baru yang kreatif dan mengedepankan pemikiran kritis, keterlibatan aktif, dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran.


Mengenal Aplikasi Puzzle Maker

Teknologi digital saat ini berkembang dengan pesat, ditandai munculnya beragam aplikasi pembelajaran yang dapat diakses kapan dan di mana saja, mulai dari berbayar sampai yang tidak membayar alias gratis. Salah satu dari beragam aplikasi yang dapat diakses tersebut adalah Aplikasi Puzzle Maker. 

Menurut Amy Fatmayani (2013: 3) menjelaskan bahwa Crossword Puzzle Maker merupakan sebuah permainan teka-teki kata yang didesain dalam bentuk kotak hitam dan putih untuk dituliskan satu huruf di setiap kotaknya yang tersusun menjadi sebuah kata sebagai jawaban dari pertanyaan arahan yang diberikan. Selain itu, Zaini (2002) menyatakan bahwa Crossword Puzzle Maker dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang dapat membangun peran aktif peserta didik selama proses pembelajaran, karena kegiatan ini akan melibatkan seluruh peserta didik untuk berpikir dan berkolaborasi dengan peserta didik lainnya untuk dapat meyelesaikan Teka-Teki Silang tersebut.

Puzzle Maker sendiri merupakan contoh salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Aplikasi ini memudahkan guru dalam menciptakan media mengajar, seperti teka-teki silang, Jigsaw, Sudoku, dan lain sebagainya. Dalam mengembangkan media pembelajaran Puzzle Maker berupa teka-teki silang, guru tidak perlu lagi membuat atau menyediakan kotak-kotak secara manual.  Guru hanya perlu menyiapkan HP atau Laptop, Paketan data atau Wifi sekolah serta beberapa soal yang dilengkapi dengan jawabannya.

Berdasarkan uraian di atas, maka guru dapat melakukan dengan mudah tanpa harus mengalami kesulitan untuk menyiapkan atau membuat kotak-kotak sendiri dalam membuat TekaTeki Silang.


Pemanfaatan Aplikasi Puzzle Maker

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai membuat teka-teki silang dengan Puzzle Maker, pastikan bahwa guru telah membuat beberapa soal serta petunjuk dan jawaban yang hendak dibuat menjadi teka-teki silang. Selanjutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Masuk ke situs resmi Puzzle Maker di https://puzzle maker.discoveryeducation.com

2.    Klik Criss-Cross

3.    Pada Step 1 isilah dengan Judul TTS yang akan dibuat dan penulisan judul tidak boleh lebih dari 49 karakter

4.    Pada Step 2 isilah dengan soal dan jawaban yang telah dipersiapkan sebelumnya (atau cukup dengan copi paste soal dan jawaban)

5.    Pada Step 3 cukup KLIK Create My Puzzle

6.    Secara otomatis akan muncul kotak TTS lengkap dengan pertanyaan Across (Mendatar) dan Down (Menurun)

7.    Langkah selanjutnya lakukan proses copi kotak TTS dengan cara KLIK tombol windows, shift, dan huruf ‘S’ secara bersama-sama

8.    Lakukan KLIK 2 kali atau drag (seret tanda ples yang muncul hingga semua kotak TTS sudah tercopi

9.    Siapkan lembaran word kosong dengan cara KLIK FILE, kemudian KLIK New, kemudian KLIK blank document

10.  Pada lembaran baru KLIK Paste, maka secara otomatis kotak TTS akan muncul di lembaran tersebut.

11. Berikut lakukan copi pada soal mendatar dan soal menurun dengan cara seperti biasa

12.  Selesai.

Langkah-langkah tersebut sangat rinci sekali, jika ingin mencoba lakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah disampaikan pada petunjuk atau cara kerja di atas. Sebagai contoh ada beberapa Teka-Teki Silang (TTS) dari beberapa pelajaran yang dapat dijadikan referensi atau petunjuk untuk membuat TTS menggunakan Aplikasi Puzzle Maker. 

 

STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN

 MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII




MENDATAR

2.         Organ tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan generative

3.         Jaringan tumbuhan tingkat tinggi yang dinding selnya mengalami penebalan tidak teratur

5.         Jaringan yang dianggap sebagai jaringan pembatas antara daerah korteks dan bagian stele akar

6.         Meristem yang terdapat pada kambium sering disebut sebagai titik tumbuh

7.         Tempurung kepala tersusun atas sel batu yang bulat dan mengalami penebalan

9.         Jaringan pada tumbuhan yang berfungsi untuk pengangkutan air dan unsur hara

10.     Bagian Bungan yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga agar dapat membantu penyerbukkan

 

MENURUN

1.     Terbentuknya lingkaran tahun pada batang tumbuhan merupakan hasil aktivitas dari jaringan

4.     Jaringan yang berfungsi untuk melindungi lapisan didalamnya

8.      Lapisan pelindung pada daun tumbuhan yang menginspirasi pembuatan lapisan pengilap cat mobil

 

Dengan memanfaatkan aplikasi Puzzle Maker pada pembelajaran di kelas, maka suasana pembelajaran yang terjadi tentu akan berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Peserta didik lebih dinamis dan aktif. Mereka tidak merasa bahwa sesungguhnya mereka sedang belajar dan justru sebaliknya, mereka lebih merasakan bahwa pembelajaran yang dilakukan seperti bermain di dalam kelas dengan pendampingan oleh guru.

Penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Puzzle Maker medorong peserta didik untuk lebih aktif, mendorong mereka untuk mendapatkan wawasan materi yang seluas-luasnya, bahkan ada kecenderungan guru akan selalu dirindukan kehadirannya oleh peserta didik. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Puzzle Maker tentu dapat diambil nilai-nilai manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi peserta didik. Guru semakin tertantang untuk melakukan inovasi, dan peserta didik akan lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru.


Previous Post Next Post